Selasa, 03 Juli 2012

Sudut Pandang (angle) Fotografi

Assalmualaikum..
salam Jepret..
apa kabar nih kawan ,,semoga baik selalu ya..:)
nah aku mau share lagi tentang ilmu ke-Fotografi-an nih,,setelah postingan sebelumnya membahas tentang komposisi, kita sambung sekarang dengan sudut pendang dalam Eksekusi dalam pengambilan gamabar (Angle of Photography)
Angle atau dalam istilah lain disebut sebagai posisi/sudut bidik mempunyai peranan penting dalam photography, karena dengan mengetahui berbagai angel dalam photography maka konsep yang ingin kita capai,atau pesan yang ingin kita sampaikan dalam menghasilkan sebuah karya photo akan lebih mudah.
"pemilihan angle yang tepat akan memperkuat kesan
atau daya tarik dari foto kita"
Oke sekarang marilah sama-sama kita pelajari apa aja sih angel dalam photography itu, dari yang umum dilakukan oleh para photographer. Tidak terkecuali photographer pemula ataupun photographer yang sudah kelas dunia.
1.       Normal angel
Kalau yang ini banyak temen-temen dari kalangan fotografi yang menyebutnya frontal atau angel umum karena pada posisi ini kamera yang dipegang oleh photographer sejajar dengan objek yang kita jadikan objek sebuah foto.
2.       Bird eye view atau eagle eye angel
Berbeda dengan normal angle, angel ini merupakan suatu angel dimana kita sedang berada disuatu ketinggian tertentu, oleh sebab itu diistilahkan sebagai sudut pandang mata elang. Ini basanya dilakukan dalam melakukan landscape photohgraphy dimana ang kita tuju adalah keluasan ruang yang akan kita jadikan sebuah karya photography tersebut. 
3.       Low angel
Kata yang satu ini pasti sudah sangat sering di dengar. Sesuai dengan kata-katanya “low angel” berarti sudut tembak yang rendah dari objek yang kita jadikan sasaran.
4.       High angel
Angel jenis ini merupakan kebalikan dari “low angel” yaitu memposisikan diri tepat berada diatas objek yang kita jaikan sasaran/objek bidik.
5.       Frog eye angel
Angel jenis ini sesuai dengan namanya juga “frog” yang berarti kodok. Yiatu suatu angel yang sangat rendah. Bahkan lebih rendah dari “low angel”. Angel jennies ini menuntut seorang photographer untuk mengambil posisi kamera yang dipegang sangat dekat dengan tanah. Bahkan tidak sedikit photographer mencapa angel ini dengan posisi tiarap laksana seorang tentara yang sedang merayap.

nah itulah tadi berbagai macam Angel dalam Photography yang umum dilakukan oleh para photographer. tapi dengan ber-Eksperimen terus menerus, dan mencoba mengembangkan angel-angel inipun akan membuat kita merasakan suatu feel yang berbeda dari setiap hasil karya yang kita ambil melalui angel yang berbeda pula.
Semoga postingan sederhana ini dapat bermanfaat bagi temen-temen semua yang hendak belajar fotografi. Jika ini berguna bagi anda sudilah kiranya tinggalkan komentar.
salaaam Jepreet..!!!
wassalamulaikum..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar